Tugas dan Fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarbaru

TUGAS DAN FUNGSI

A. TUGAS

  1. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi serta rekonstruksi secara adil dan merata;
  2. Menetapkan standarisasi dan kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana;
  4. Menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanggulangan bencana;
  5. Melaksanakan penyelenggaraan penanggulangan bencana;
  6. Melaporkan penyelenggaraan penanggulangan bencana kepada Walikota setiap bulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana;
  7. Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang;
  8. Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah serta bantuan dari pihak lain.
  9. Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

B. FUNGSI

Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam melaksanakan tugas  memiliki fungsi :

  1. Perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat serta efektif dan efisien;dan
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh.

Rincian Uraian Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarbaru.

 

No.

Unsur Organisasi Uraian Tugas  
 

1.

 

Kepala Pelaksana

a.   Melaksanakan koordinasi dan komando penyelenggaraan penanganan dan penanggulangan bencana;

b.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program pencegahan bencana;

c.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program pemaduan penanggulangan bencana;

d.   Mengkoordinasikan perumusan kebujakan dan program analisis dan pengurangan resiko bencana;

e.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program pemaduan dan penanggulangan bencana dalam perencanaan pembangunan daerah;

f.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program kesiapsiagaan penanggulangan bencana;

g.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program pengembangan peringatan dini dalam penanggulangan bencana;

h.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program pengembangan mitigasi dalam penanggulangan bencana;

i.    Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program pencegahaan, kesiapsiagaan dan kebakaran;

j.    Mengkoordinasikan perumusan kebijakan program kedaruratan dan logistik;

k.   Mengkoordinasikan perumusan kebijakan rehabilitasi dan rekonstruksi;

l.    Mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan program analisis dampak kerusakan bencana;

m.  Mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas-tugas kesekretariatan; dan

n.   Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.

 
 

2.

 

Kasubbag Tata Usaha

 

a.     Mengkoordinasikan dalam penyusunan rencana strategis, rencana program kerja, dan kegiatan tata usaha dan Badan;

b.     Mengkoordinasikan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan kepegawaian dan umum;

c.     Mengelola urusanrumah tangga, surat menyurat, ekspedisi, kearsipan, kepegawaian, ketatalaksanaan, pendidikan dan pelatihan pegawai, keuangan, perlengkapan dan aset;

d.     Menyelenggarakan kehumasan dan keprotokolan;

e.     Mengkoordinasikan penyusunan dokumen Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah, Laporan Tahunan, Laporan Keuangan dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah;

f.     Melaksanakan pembinaan dan peningkatan kemampuan berprestasi para pegawai dilingkungan Sekretariat; dan

g.     Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Badan sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.

 
 

3.

 

Kepala Seksi Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kebakaran

 

a.     Menyusun rencana kegiatan pencegahan, kesiapsiagan dan kebakaran;

b.     Menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian bencana dan pengembangan kesiapsiagaan atas bencana dan kebakaran;

c.     Menghimpun, mengolah dan menyajikan data potensi ancaman, resiko bencana, data kesiapsiagaan atas ancaman bencana dan kebakaran;

d.     Menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis penyusunan rencana penanggulangan bencana dan rencana penanggulangan kedaruratan bencana;

e.     Menyiapkan bahan dan menyusun rencana penanggulangan bencana;

f.     Menyiapkan bahan, menyusun dan menerapkan petunjuk teknis penerapan uji coba rencana penanggulangan kedaruratan bencana;

g.     Menyiapkan bahan dan melaksanakan inventarisasi dan fasilitasi upaya pengurangan resiko bencana;

h.     Menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis penetapan dan penerapan standar teknis penanggulangan bencana, pengorganisasian, pemasangan dan pengujian sistem peringatan dini terhadap ancaman bencana, inventarisasi dan analisis penyediaan dan penyiapan barang pasokan pemenuhan kebutuhan dasar;

i.      Melaksanakan kerjasama penyediaan dan penyiapan barang pasokan kebutuhan dasar;

j.      Melaksanakan bimbingan teknis pengorganisasian, penyuluhan, dan gladi tentang mekanisme tanggap darurat, pelatihan dan penyuluhan mitigasi bencana;

k.     Menyiapkan bahan, melaksanakan evaluasi kegiatan dan menyusun laporan kinerja kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana, pengembangan dan penerapan peringatan dini serta penyelenggaraan kegiatan mitigasi bencana;

l.      Melaksanakan kerjasama penyediaan dan penyiapan bahan, barang dan peralatan untuk pemenuhan pemulihan sarana dan prasarana;

m.    Melaksanakan upaya pengurangan resiko bencana, analisis resiko bencana, dan penerapan persyaratan standar teknis penanggulangan;

n.     Menyusun laporan kinerja Seksi Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kebakaran;

o.     Mengevaluasi kegiatan pencegahan, kesiapsiagaan dan kebakaran; dan

p.     Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Badan sesuai bidang tugas da  tanggujawabnya.

 
 

4.

 

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik

 

 

a.     Menyusun rencana kegiatan penangan kedaruratan dan kebutuhan logistik;

b.     Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data kedaruratan dan logistik;

c.     Menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis pengkajian terhadap lokasi bencana dan tingkat kerusakan bencana;

d.     Menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis inventarisasi dan identifikasi kelompok rentan akibat bencana;

e.     Melaksanakan inventarisasi dan identifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, dan kelompok rentat akibat bencana;

f.     Melaksanakan inventarisasi dan identifikasi dan analisis gangguan pelayanan umum, pemerintahan, sumberdaya alam/buatan, kebutuhan dasar dan logistic;

g.     Menyusun petunjuk teknis penetapan status keadaan darurat bencana, penyelamatan dan evakuasi masyarakat korban bencana serta identifikasi dan inventarisasi pemenuhan kebutuhan dasar dan logistik;

h.     Menyiapkan bahan dan melaksanakan kerjasama penyelamatan dan evakuasi masyarakat korban bencana, pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi, penyediaan pangan, pelayanan kesehatan, pelayanan psikososial, penyediaan penampungan dan tempat hunian;

i.      Menyiapkan dan melaksanakan fasilitasi serta pengerahan sumberdaya dalam penyelamatan dan evakuasi masyarakat korban bencana;

j.      Menyusun laporan kinerja Seksi Kedaruratan dan Logistik;

k.     Mengevaluasi kegiatan Kedaruratan dan Logistik; dan

l.      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Badan sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.

 

 

5.

 

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi

 

a.      Menyusun rencana kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi dalam penyelenggaraan penanggulangan daerah rawan bencana dan pasca bencana;

b.      Mengumpulkan, mengolah, menganalisa dan menyajikan data kerusakan akibat bencana, data kerusakan lingkungan, sarana dan prasarana serta aspek-aspek social, ekonomi dan budaya masyarakat;

c.      Menyiapkan bahan koordinasi rehabilitasi lingkungan daerah bencana,rekonstruksi sosial, ekonomi, budaya, saran dan prasaran;

d.      Menyiapkan bahan, melaksanakan inventarisasi dan identifikasi tingkat kerusakan lingkungan;

e.      Menyiapkan bahan, dan menyusun petunjuk teknis fasilitasi dan kerjasama pembangunan kembali dampak kerusakan bencana baik fisik maupun non fisik;

f.      Menyiapkan bahan, memfasilitasii dan melaksanakan kerjasama perbaikan prasarana dan saran umum dan keagamaan, pemulihan kondisi sosial psikologis masyarakat, pelayanan kesehatan korban bencana, rekonsialiasi dan resolusi konflik, pemulihan sosial ekonomi dan budaya, pemulihan keamanan dan ketertiban, fungsi pemerintahan dan pelayanan publik;

g.      Menyiapkan bahan, memfasilitasi dan melaksanakan kerjasama pembangunan kembali saran sosial masyarakat, pembangkitan kembali kehidupan sosial budaya masyarakat, penerapan rancang bangunan yang tepat, penggunaan teknologi yang lebih baik dan tahan bencana, pengembangan partisipasi dan peran serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan masyarakat, pengingkatan kondisi sosial, ekonomi dan budaya, peningkatan pelayanan publik;

h.      Menyusun laporan kinerja seksi rehabilitasi dan rekonstruksi;

i.       Mengevaluasi kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi; dan

j.       Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Badan sesuai bidang tugas dan tanggungjawabnya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.